Jumaat, 15 Januari 2016

BERTANYALAH PADA AHLINYA
Mau Bertanya Nggak Sesat di Jalan #AskBNI.

Oleh : Achmad Marzuqi
Mau Bertanya Nggak Sesat di Jalan
Bagaimana jadinya kalau kita punya anak kecil yang cerewetnya minta ampun, segala sesuatu selalu dia ingin tahu, pertanyaan yang dia lontarkan tidak cuma satu. Pasti kita dibikin geregetan sama dia. Kadang saking geregetannya, bisa jadi kita pura-pura tidak mendengar apa yang dia tanyakan sampai-sampai dia berteriak terhadap kita, marah minta diperhatikan.
Demikianlah keadilan Tuhan. Dia ciptakan manusia dalam keadaan beragam. Awalnya bukan apa-apa lalu menjadi luar biasa.

“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui apapun. Dan Dia ciptakan pendengaran, penglihatan dan hati agar kamu mensyukuri.” (Qs. An Nahl:78 )
Dari pertanyaan akan lahir pengetahuan. Rasa penasaranlah yang membuat seseorang bertanya-tanya sehingga timbul keinginan untuk mencari tahu. Seperti lanjutan ayat di atas, “Apakah mereka tidak melihat burung-burung yang terbang bebas di angkasa bebas. Tidak ada yang menahannya kecuali Allah.”
Sesuai tema yang diusung BNI46, Mau Bertanya Nggak Sesat di Jalan #AskBNI. Maka bertanya merupakan hak dari setiap orang manusia, selama tidak melanggar norma dan tata krama. Bertanya yang seperti apa. Kepada siapa harus bertanya. Allah SWT menjawabnya.
“Dan Kami tidak mengutus seorang rasul pun sebelum engkau (Muhammad) melainkan orang laki-laki yang Kami beri wahyu kepadanya. Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.” (Qs. An Nahl :43)
Apabila suatu perkara tidak diserahkan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancurannya.
 (Al Hadits)
Dewasa ini banyak sekali bermunculan organisasi yang menyimpang dan dianggap sesat. Bisa jadi karena mereka enggan untuk terlebih dahulu bertanya atau sekedar konsultasi dengan pihak yang terkait, sehingga saat ada kehebohan barulah diungkit kembali. Jadi sekali lagi jangan ragu untuk menjadi orang yang mau bertanya supaya tidak sesat di jalan.

Jumat, 15 Januari 2015

5 ulasan:

  1. sependapat....tanya pada ahlinya !
    Salam Persahabatan dari Guru Blogger !
    http://iwansmtri.blogspot.co.id/2015/12/bni46-askbni-fitur-cerdas-bagi-orang.html

    BalasPadam
  2. Sebelum tersesat mari kita bertanya, jangan lupa kunjungi ya di http://asepzaenurie.blogspot.co.id/2016/01/malu-bertanya-sesat-di-jalan-mau.html

    BalasPadam
  3. Ulasan ini telah dialihkan keluar oleh pengarang.

    BalasPadam

Popular Posts