Khamis, 10 Mac 2016

Plus Minus
Pengalaman di Terminal Kalideres

Sudah jatuh tertimpa tangga.
Satu ungkapan yang pas untuk diriku yang sedang naas. Hari ketika aku harus datang jauh-jauh dari Jawa sebagai jawaban dari undangan panitia Lomba, karena telah menyabet juara 1 Musabaqah Tafsir Indonesia. Di kota Tangerang tepatnya.
Setelah semua administrasi aku lengkapi, mengukur baju aku penuhi. Aku pun dipersilakan untuk pergi. Tanpa ada basa basi. Sekalipun hanya pertanyaan dari jam berapa datang, apa kendaraan yang digunakan atau berapa ongkos yang telah dihabiskan.
Tidak ada. Pokoknya langsung pulang.
Tapi tak apa. Ambil sisi positifnya aja.

The first experince is the best teacher
Mungkin itulah kalimat yang cocok untuk menggambarkan kondisiku saat ini. Sebuah kalimat yang aku dapat saat belajar bahasa Inggris di Pare Kediri. Dari sebuah cerita berbentuk "new concept" yang harus aku hafal seminggu dua kali.
di sinilah tempat tiket-tiket bus dijual

Pengalaman pertama adalah guru yang terbaik.
Dan ini adalah pengalaman pertama saat aku mencari-cari agen bus malam. Di terminal Kali Deres. Di sinilah awal dimulainya cerita minus (baca: mines)
Menjadi orang yang kebingungan di tengah-tengah terminal tentu bukan suatu kabar gembira, apalagi terminal itu ada di Jakarta. Tidak ke sembarang orang jika kita hanya ingin sekedar bertanya. Tujuanku hanya satu, mencari Po. Bus Rosalia Indah yang menuju arah Surabaya.

“Mas mau ke mana? Kaya orang kebingungan?” sesorang mendatangiku dari sebuah warung makan.
Sebelumnya sudah ada tiga orang yang aku tanya, mungkin aku salah orang.
 “Mmmm.. mau ke Surabaya Pak,” jawabku hati-hati.
“Wah, kebetulan sekali. Saya agen. Biasa menjual tiket untuk wilayah jauh. Wilayah antar propinsi.”
“Bapak tau agen atau Po Bus Rosalia?” tanyaku.
Ya, yang aku tau dari kawan yang ada di Tangerang, bus Rosalia menyediakan paket komplit untuk bepergian. Harganya pun masih dalam jangkauan orang yang duitnya pas-pasan.
“Jauh Mas dari sini. Mending cari bus yang lain saja. Kalau mau ada Bus Handoyo dan  Pahala Kencana,” terangnya layaknya sales berpengaalaman.
Tak berselang lama, datang kawannya. Mas Teguh namanya.
Setelah terjadi diskusi alot, akupun menyepakati biaya untuk pulang via Bus Handoyo dengan tujuan akhir Jogja. Tarifnya 170.000 rupiah.
Diajaknya aku ke kursi tunggu, sambil menunggu bus yang masih dalam perjalanan, yang katanya akan datang sekitar dua jam mendatang.
Alamakkk..

Tapi alhamdulillah aku bersyukur.
Dua jam yang aku lalui, aku manfaatkan untuk mempelajari segala kondisi.
Dua jam menunggu, aku menemukan sesuatu yang baru.
Dua jam di kursi antrian, aku belajar dari pengalaman.
Di terminal Kalideres, perihal cerita plus dan minus.

Catatan ini hanya untuk mereka yang ingin bepergian jauh. Yang tidak mendapatkan tiket kereta, dan hanya dapat bus malam saja.
1.        Jika kau masuk ke terminal Kalideres, maka masuklah lewat pintu masuk Bus. Jika lewat pintu lain segeralah ke arah pintu masuk. Karena letak Po Bus berderet di sana. Dari lintas Jawa hingga lintas pulau Sumatra. Jangan berwajah bingung.

        Plusnya akan banyak orang yang menolongmu, mengarahkanmu sampai sampai membelikan tiket untukmu.
        Minusnya kadang mereka meminta imbalan atau jika tidak mereka akan menaikkan harga melebihi harga normal yang tersedia.

2.        Jika ingin makan atau beli camilan. Mending belinya di luaran. Kenapa? Bukannya banyak penjual makanan di sana?

        Plusnya memang enak tinggal pilih karena hampir semua menu tersedia.
       Minusnya hati-hati saja dengan harga. Karena patokannya bisa setinggi bintang kejora. Teh Botol Frestea 15.000. Aqua sedang 10.000. Kacang Polong 15.000
       Padahal harga normal masing-masing kisaran 5000.
@15rb. hmmmm...

3.        Dengan prinsip 3S mulailah mengenal orang lain.

       Plusnya kita akan merasa lebih nyaman, apalagi jika dia orang-orang baik. Setidaknya ada yang dijagain.
       Minusnya, hmmm.. bisa jadi reaksi orang lain akan berbeda di saat kita mencoba untuk mengajaknya berkenalan.

4.        Aku melihat banyak orang yang berlarian, membantu mengangkutin barang bahkan rela mengantar sampai tempat pemesanan. Ini kan Plus banged ya. Budaya tolong menolong

        Sayangnya, musti ada imbalan. Saat aku kebingungan dan terkena charge sebesar 170.000 untuk ongkos ke Jogja. Ada yang janggal saat sampai di tempat pemesanan. Ternyata harga aslinya 140.000. Minus bingid.
      “Biasa Mas,  hidup di terminal harus saling memberi. Tadi aku kasih dia 20 ribu untuk yang punya warung. 20 ribu lagi buat diriku dan sisanya 140 ribu untuk ongkos normal.” Kata guide ku.



Dan masih banyak lagi. Intinya sih Hati-Hati.
Seperti kata pepatah di mana bumi dipijak disitu langit dijunjung.
Di mana saja kita berada, langit tidak akan kemana-mana. Dia tetap di atas kita.
Liat kondisi dan jangan menang sendiri.

Bus Handoyo, 10 Maret 2016


5 FAKTA UNIK TENTANG
POSISI TIDUR DI KENDARAAN

Apa sih yang diinginkan orang saat menjadi penumpang perjalanan jauh?
Nyaman.
Oke. Benar!
Lalu dengan apa orang itu menunjukkan kenyamanannya?
Dengan cara tidur di kendaraan.
Seratus buat Anda!

Tidur sangat penting bagi kehidupan manusia, termasuk juga untuk para penumpang. Di samping sebagai media istirahat, tidur juga bisa membuat rasa jenuh jadi hilang.
Dari semalam hingga saat ini aku sedang dalam perjalanan, iseng aku perhatikan para penumpang. Bukan untuk mencopet apalagi merencanakan pembegalan. Aduhh jangan!!
Yang membuat aku heran adalah bagaimana mereka tidur dengan nyenyaknya di perjalanan. Dari sini aku dapat membuat kesimpulan.
5 Fakta Unik tentang Posisi Tidur di Perjalanan

1. T-KTMM (Kepala Tengadah Mulut Menganga)
     Apa ndak takut dimasukin lalat ya.
2. T-KTNT (Kepala Tertunduk Naik Turun)
      Kaya Teteh Syahrini aja, naik turun naik turun cantik cantik. Gakpapa sih asal jangan sampai ng**r aja.
3. T-GKGK (Goyang Kiri Goyang Kanan)
     Ini dia kalo bersebelahan dengan kita sukanya maen sandar aja. Sembarangan.
4. T-BTT (Berdiri Tangan Tergenggam)
      Aku suka kasihan buat yang satu ini. Uda berdiri gak dapat kursi Tangannya berpegangan pada besi di atap atap.
5. T-Ekstrim
      Pernah liat org tidur sampai terjungkal jatuh. Itu dia maksudnya. Mungkin terlalu nyenyak sampai mengorbankan diri dengan jatuh terhuyung. Pas bangun apalagi kalau ndak menahan malu.

Makanya, sebagai bentuk antisipasi. Pastikan untuk selalu membawa sapu tangan tipis atau penutup mulut alias masker atau minimal tisu
Jika hendak tidur pastikan bersandar pada kursi dengan benar. Biar tak goyang goyan, senggal senggol kawan.
Pakai sabuk pengaman kalau ada. Atau tali rapia juga gak apa. Wekaweka.

Tulin ini mungkin nggak ada manfaatnya.
Tapi nggak akan berdosa kok untuk dibaca.
Sebagai hiburan untuk mengusir jenuh di perjalanan.

Bus Arimbi, 10 Maret 2016

Rabu, 9 Mac 2016

ANTARA ASAP, ROKOK
DAN KERETA API

"Ada sebuah kereta api listrik berangkat dari  Kediri menuju Bandung. Kereta api tersebut mengangkut 7 buah gerbong penumpang.  Satu gerbong berisi 115 orang penumpang. Pertanyaannya, jika kereta tersebut berjalan dari arah timur menuju barat. Ke mana arah ASAP kereta api tersebut?"
Sebuah pertanyaan sekaligus tebakan aku lontarkan kepada murid-murid TPQ ku di suatu sore.

Saat itu aku menyediakan sebuah bingkisan kecil berisi cokelat dan roti sebagai hadiah bagi mereka yang jawabannya tidak salah.
Namun apa yang terjadi?
Jawaban mereka yang beragam, menyebut semua arah mata angin sampai ada tambahan ke atas dan bawah aku nyatakan sebagai jawaban yang salah.

Saat aku mencoba mengulang dengan pertanyaan yang sama, tak satupun dari muridku yang benar jawabannya .
Mereka tidak sadar jika terjebak pada arah kereta api dan lupa dengan LISTRIK yang tak menimbulkan Asap.
Gagal Fokus.

Sore ini, sebuah pengumuman berkumandang lantang dari petugas Kereta Api. Sebuah pengumuman yang menggelitik yang membuat jam melamunku sedikit terusik.
"Diberitahukan kepada seluruh penumpang bahwa saat ini kereta api akan sampai di stasiun Madiun. Bagi penumpang yang kedapatan merokok di dalam gerbong, jobdess ataupun toilet akan dikenakan sanksi berupa penurunan di stasiun terdekat... bla bla bla...."

Heran. Kenapa ada diskriminasi buat para perokok?
Padahal antara lokomotif kereta dan perokok kan mempunyai satu kesamaan.
Sama-sama menghasilkan asap.
Adil donk harusnya, jika perokok diturunkan paksa. Lokomotif penarik gerbang haruslah dilepas juga.
Kecuali jika kereta listrik.
Hmmm, jadi ingat tebakan yang gagal dijawab malaikat-malaikat cilikku di TPA.
Kecuali juga jika rokoknya rokok listrik.
Aduh, nyetrum donk!!!!

Lama kumerenung, akhirnya jawabannya aku temukan juga. Bahwa antara asap, rokok dan kereta api mempunyai sebuah korelasi.
Rokok dan kereta api mempunyai satu kesamaan.
Sama-sama menimbulkan asap.
Bedanya jika asap kereta api hasil pembakaran mesin diesel ini berguna dalam mendorong gerbong-gerbong kereta. Sementara asap rokok hasil pembakaran sembako dengan isapan penggunanya berbahaya buat kesehatan manusia.

Jadi ya wajar saja jika perokok di dalam gerbong kereta api akan diturunkan paksa.

KA Kahuripan, 9 Maret 2016

Selasa, 8 Mac 2016

Ide, Mind Map dan Outline
(Menjaga Hafalan Al Quran)

Apa sih Mind Map, Ide dan Outline?
Sadar atau tidak, kamu yang pernah merasakan dunia kuliah atau mungkin saat mengenyam bangku sekolah pelajaran bahasa tahu tentang hal ini. Namun bisa jadi dengan istilah yang berbeda. Karena ketiga istilah di atas amat vital dalam menyusun sebuah naskah.
Ketika membuat sekripsi misalnya, maka sekripsi kita tidak akan terlepas dari proses pembuatan Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Tujuan Penelitian dan sebagainya.
Demikian pula saat kita ada tugas makalah dari guru di sekolah.

Ide
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan bahwa ide atau gagasan rancangan yang tersusun dipikiran.
Mbak Ernawati dalam artikelnya yang dipublish di situs http://ernawatililys.com mengatakan bahwa ide adalah satu hal yang kita temukan dan ingin kita bahas  dalam tulisan yang ingin kita kembangkan.

Mind Map
Mind Map adalah sebuah cara baru untuk mencatat ide maupun gagasan pikiran. Metode ini dipopulerkan oleh Tony Buzan, seorang penulis dan bintang televisi terkenal di Inggris. Mind Map bisa juga disebut dengan peta atau rute tulisan.

Outline
Outline merupakan rencana penulisan yang memuat garis-garis besar dari sebuah karangan yang akan digarap dan merupakan rangkaian ide-ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas dan terstruktur dan teratur.

Untuk lebih jelasnya saya akan membuat contoh satu persatu dari tiga poin penting di atas. Tentang naskah nonfiksi sesuai tugas Komunitas Menulis Online (KMO) minggu ini.

Hari senin kemarin sebuah yayasan besar di Surabaya, Al Falah mengundang diriku untuk menjalani micro teaching sebagai bentuk jawaban dari Surat Lamaran Kerja yang aku layangkan di akhir bulan Januari tahun ini. Siswa-siswa yang akau hadapi bukanlah anak-anak sekolahan atau pemuda usia kuliahan. Tetapi orang-orang yang berumur.
Sebuah tantangan baru tentunya mengingat pengalamanku selama ini hanya menghadapi anak-anak usia SMP dan pernah sekali mengajar di tingkat Madrasah Ibtidaiyah.
Banyak pelajaran yang akau dapati, namun ada satu yang ingin aku garis bawahi di sini. Keluhan dari beberapa peserta yang merasa kesusahan menjaga hafalan Al Quran.
Klik.
Dapat satu ide.
“Menjaga Hafalan Al Quran”
Karena ide ini terlalu familiar maka aku kembangkan menjadi “Cara Sederhana Menjaga Hafalan Al Quran.”
Selanjutnya membuat Mind Map.
Membuat jadwal murojaah
 

Rounded Rectangle: Hafalan
AlQuran

 







Untuk yang terakhir adalah Outline:
Bab
Tema
Pembahasan
Bab 1
Al Quran
Pengertian : -
                             -
Bab 2
Hafalan Al Quran
1. Alasan Menghafal Al Quran: -
                                                            -
2. Cara menjaga Hafalan:
Bab 3
Metode Sederhana
1......
Bab ..
....
....

Ini hanya sekedar contoh yang belum bisa dikatakan dan dinyatakan seratus persen benar. Karena masih banyak koreksi namun harapan penulis ada manfaat yang bisa diambil meski hanya kecil dan secuil.
Nganjuk, 08 Maret 2016

Isnin, 7 Mac 2016

5 Tips Mengamen Biar Asik
By: Marzuqi Ahmad

Buat kamu kamu yang suka perjalanan jauh apalagi dengan menggunakan kendaraan bus, tentu tidak asing kan dengan aksi pasukan pembawa gitar.
Aksi aksi mereka yang kocak kadang bikin kamu ngakak. Suara merdu mereka yang super sampai sampai kamu jadi baper.
Namun tak jarang suara mereka yang pas pasan, hanya bermodal tepukan tangan, kecrekan membuat kamu jadi sebel tak karuan. Jangankan mau ngasih uang recehan, buka dompet aja rasanya keberatan. Hihihi. 
Angkat besi kali...
tips asik saat mengamen (amir dan ahmad)

Sebagai pihak penumpang tentu tak ada salahnya kan berbagi pengalaman. Rahasia sukses menjadi pengamen. Agar kantong kantong para dermawan terbuka. Sehingga suara kamu tidak terbuang sia-sia.

1. Siapkan Instrumen Musiknya
     Gitar menjadi komoditi utama. Syukur-syukur diselingi gendang atau biola atau mini pianika.
Hindari penggunaan kecrek baik dari botol berisi beras atau tutup kecap bekas kecuali sebagai alat tambahan.

2. Jaga Kualitas Suara
     Suara merdu dan mendayu kadang lebih disukai. 
Jikapun merasa punya suara ngepas, fals pula. Maka seiringkan dengan instrumen yang ada. 
Amat sangat bahaya buat pemilik suara tipe kedua di atas. Lalu dia bernyanyi tanpa totalitas. Karena yang degar akan jadi malas. Coba tebak apa jadinya kalau audince penumpang udah malas. Tau sendiri kan.....

3. Tebang Pilih Lagu
      Masuklah dengan mendahulukan kaki kanan, sambil berucap basmalah dan perhatikan mayoritas penumpang. Jika kaum muda maka lagu-lagu yang sedang populer dan nge hits bisa jadi pilihan.
Jika kaum bapak-bapak maka dangdut lawas ala Bung haji Roma atau lagu daerah pasti jadi kesukaan. Kalau anak-anak maka akan beda lagi. Apalagi jika penumpangnya campuran.

4. Komunikatif
     Menyapa audience penumpang atau bernyanyi dengan menyebut ciri penumpang akan sangat dianjurkan. Harapannya mereka makin tertarik untuk menyimak.
Gunakan 3 Kata Ajaib berupa Maaf, Terimakasih dan Permisi dan jangan lupa dengan Rumus 3S alias Senyum Salam Sapa 

5. Jaga Penampilan.
     Makin menarik makin enak dilihat. Makin enak dilihat makin banyak yang memperhatikan
 Makin bnayak yang memperhatikan makin besar peluang untuk menghasilkan recehan. Makin banyak recehan makin cepat jadi jutawan.
Ok Guys.
Are you Ready. Selamat Mencoba!!!!

Bus Pelita Indah, 7 Maret 2016

Ahad, 6 Mac 2016

Profil Santri Putra Al Khairiyah Sukabumi
Angkatan VII Tahun 2013

Penjaringan demi penjaringan calon santri Ponpes Al Khairiyah Sukabumi terus dilanjutkan. Dari tahun berdirinya 1994 hingga saat ini (sekitar 26 tahun) telah menerima tujuh angkatan santri. Dan ini adalah daftar angkatan terakhir tahun 2013:
1.       Fauzi Firmansyah Ridwan
TTL           : Solo, 10 Maret 2004
Umur        : 12 tahun
Come        : 1 September 2013 (Angkaatan VII)
Class         : 5 MI Raudhatul Ghilman Pasir Badak
Hafalan   :  Juz 21 Surat Luqman ayat 11

2.       Ahmad Haaza Kamaal
TTL           : Madiun, 17 Oktober 2002
Umur        : 14 tahun
Come        : 1 September 2013 (Angkaatan VII)
Class         : 5 MI Raudhatul Ghilman Pasir Badak
Hafalan   : Juz 20 Surat Al Qashash ayat 74

3.       Muhammad Shonniful Ulum
TTL           : Nganjuk, 16 Februari 2004
Umur        : 12 tahun
Come        : 1 September 2013 (Angkaatan VII)
Class         : 5 MI Raudhatul Ghilman Pasir Badak
Hafalan   : Juz 12 Surat Yusuf ayat 43


Bakso Mahal Itu...

Ngomongin soal bakso, hampir bisa dipastikan semua orang Indonesia pernah merasakannya. Ataupun jika belum pernah, minimal tahulah bakso itu apa.
Beragam warna beragam nama dan beragam rasa  kini telah ada, pun juga tentang beragam harga.

Pernahkan Anda ke SR Tasikmalaya?
Atau mungkin Anda yang orang Jawa, suka ziarah walisongo dengan bus Pariwisata.
Atau mungkin Anda orang yang suka bepergian jauh dengan menggunakan bus malam. SR Tasikmalaya bisa menjadi solusi melepas penat karena perjalanan sepanjang hari.

Popular Posts