Selasa, 8 Mac 2016

Ide, Mind Map dan Outline
(Menjaga Hafalan Al Quran)

Apa sih Mind Map, Ide dan Outline?
Sadar atau tidak, kamu yang pernah merasakan dunia kuliah atau mungkin saat mengenyam bangku sekolah pelajaran bahasa tahu tentang hal ini. Namun bisa jadi dengan istilah yang berbeda. Karena ketiga istilah di atas amat vital dalam menyusun sebuah naskah.
Ketika membuat sekripsi misalnya, maka sekripsi kita tidak akan terlepas dari proses pembuatan Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Tujuan Penelitian dan sebagainya.
Demikian pula saat kita ada tugas makalah dari guru di sekolah.

Ide
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan bahwa ide atau gagasan rancangan yang tersusun dipikiran.
Mbak Ernawati dalam artikelnya yang dipublish di situs http://ernawatililys.com mengatakan bahwa ide adalah satu hal yang kita temukan dan ingin kita bahas  dalam tulisan yang ingin kita kembangkan.

Mind Map
Mind Map adalah sebuah cara baru untuk mencatat ide maupun gagasan pikiran. Metode ini dipopulerkan oleh Tony Buzan, seorang penulis dan bintang televisi terkenal di Inggris. Mind Map bisa juga disebut dengan peta atau rute tulisan.

Outline
Outline merupakan rencana penulisan yang memuat garis-garis besar dari sebuah karangan yang akan digarap dan merupakan rangkaian ide-ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas dan terstruktur dan teratur.

Untuk lebih jelasnya saya akan membuat contoh satu persatu dari tiga poin penting di atas. Tentang naskah nonfiksi sesuai tugas Komunitas Menulis Online (KMO) minggu ini.

Hari senin kemarin sebuah yayasan besar di Surabaya, Al Falah mengundang diriku untuk menjalani micro teaching sebagai bentuk jawaban dari Surat Lamaran Kerja yang aku layangkan di akhir bulan Januari tahun ini. Siswa-siswa yang akau hadapi bukanlah anak-anak sekolahan atau pemuda usia kuliahan. Tetapi orang-orang yang berumur.
Sebuah tantangan baru tentunya mengingat pengalamanku selama ini hanya menghadapi anak-anak usia SMP dan pernah sekali mengajar di tingkat Madrasah Ibtidaiyah.
Banyak pelajaran yang akau dapati, namun ada satu yang ingin aku garis bawahi di sini. Keluhan dari beberapa peserta yang merasa kesusahan menjaga hafalan Al Quran.
Klik.
Dapat satu ide.
“Menjaga Hafalan Al Quran”
Karena ide ini terlalu familiar maka aku kembangkan menjadi “Cara Sederhana Menjaga Hafalan Al Quran.”
Selanjutnya membuat Mind Map.
Membuat jadwal murojaah
 

Rounded Rectangle: Hafalan
AlQuran

 







Untuk yang terakhir adalah Outline:
Bab
Tema
Pembahasan
Bab 1
Al Quran
Pengertian : -
                             -
Bab 2
Hafalan Al Quran
1. Alasan Menghafal Al Quran: -
                                                            -
2. Cara menjaga Hafalan:
Bab 3
Metode Sederhana
1......
Bab ..
....
....

Ini hanya sekedar contoh yang belum bisa dikatakan dan dinyatakan seratus persen benar. Karena masih banyak koreksi namun harapan penulis ada manfaat yang bisa diambil meski hanya kecil dan secuil.
Nganjuk, 08 Maret 2016

0 ulasan:

Catat Ulasan

Popular Posts