Khamis, 21 Januari 2016

BOCHI
oleh : Achmad Marzuqi
ini dia gegara tidak bochi:
tidur saat mengaji
Ada yang tau apa itu Bochi??
Pasti kesan pertama yang muncul tentang Bochi adalah sebuah istilah dari Jepang atau mungkin nama lain dari kue ringan. Padahal bukan, sama sekali bukan. Bochi adalah adalah istilah lain dari Bobo Chiang, istilah ini aku dapat dari seorang temen yang ada di sekolah aku mengajar. Namanya ......
Ajaran islam menyatakan bahwa bochi adalah suatu yang disunahkan, dan nabi Muhammad SAW biasa melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Bochi dalam istilah Islam disebut Qaylulah, Tidur atau istirahat siang (sesudah dhuhur sebelum ashar) dianjurkan oleh Rasulullah.
Berkata Ibnu Atsir: “Qoyluulah adalah istirahat di pertengahan siang walaupun tidak tidur”.
Sebuah penelitian baru menjelaskan bahwa tidur siang saat bekerja dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung yang membahayakan bahkan mematikan.
Beberapa tahun sebelum tinggal di Al Araf ini, pesantren tempat aku mondok mewajibkan aku tidur sejenak di siang hari, sekitar sejam lah. Dan efeknya sungguh amat terasa, segar dan fresh saat melakukan aktifitas hingga di malam hari. Sayangnya di SMPIT Al Araf ini tidak dianjurkan, “aktipitasnya pull” saur orang Sunda mah. Bayangkan, aktifitas dimulai dari sebelum Shubuh, sekolah dari jam 07.30 – 14.30. abis itu bebas dan jarang yang memanfaatin buat bochi alias bobo chiang.
Kalau nggak bochi gimana mau mengajar anak didik yang notabene aktifitasnya bisa larut malam. Wajar, namanya juga boardingschool alias sekolah asrama.
mungkin mereka lelah sampai bergelimpangan
di musolla.
“kaka uda bobo chiang belom?” udah belon sarapannya?” istilah anak-muda yang lagi kesengsem pacaran.
Hayu membiasakan diri melakukan Bochi atau Qaylulah.. selain memberi dampak buat kesahatan juga mendatngkan pahala. Tapi ingat jangan kebablasan sampai waktu Ashar, bukan pahalanya yang di dapat, tapi .... (silakan dijawab sendiri, hehehe)
Kamar Kecil, 21 Januari 2016


0 ulasan:

Catat Ulasan

Popular Posts