Selasa, 16 Februari 2016


The Long Journey 1 - Away
Oleh: Achmad Marzuqi

Sebuah perjalanan panjang aku lakukan kemarin. Perjalanan yang menguras energi, waktu dan tenaga. Perjalanan aku mulai karena ada informasi dari seorang sahabat kalau ayahnya wafat. Bismillah, aku berangkat.
Insting kepenulisan mengajakku untuk mencatat apa-apa yang aku lihat. Selagi ada ide dan selagi ide itu belum menguap. Begitu kurang lebih ilmu yang aku dapat dari beberapa mentor kepenulisan. "Sebelum ide itu diambil orang," begitu Asma Nadia bilang.
Seperti kata pepatah tak ada rotan akarpun jadi, tak bisa menulis saat menyetir motor, media twitter pun jadi solusi. Cuit cuit di twit tentang ide yang berseliweran di jalan. Just for time. Hanya sebentar-sebentar. Kalau lama-lama aku pegang hp sambil jalan, bisa bisa ntar kena tilang. Sebuah kebiasaan buruk yang masih susah aku hilangkan.  Hehe, pak polisi jangan tilang aku ya!
Awalnya hendak berangkat sendiri, tapi ibu memaksa diri untuk ikut. 
"Jauh Mak, sejam lebih," kataku.
"Katanya nggak jauh dari kota Nganjuk," ibuku menyela.
"Masih seperempat jam dari kota Nganjuk," ucapku mengira ngira.
"Nggakpapa lah," ibuku meyakinkan sambil bersiap pergi.
Tidak ada niatan untuk mencegah ibuku pergi selain rasa kasihan. Rasa kasihan melihat beliau kelelahan di perjalanan. Kelelahan pula yang membuat ibuku terbujur sakit hingga hampir seminggu. Karena ibuku menerima cattering makanan untuk acara-acara besar. Kewalahan dengan banyaknya pesanan hingga lupa akan jam istirahat.
Pukul 08.58 menjadi titik start perjalanan dari Kec. Kertosono. Saat tiba di lokasi, kec. Wilangan ternyata persis pukul 10.00. Satu jam perjalanan. Di sini fakta baru sanggup aku ungkap.
  1. Jarak kec. Wilangan  (kecamatan di Nganjuk paling barat berbatasan dengan Madiun) dengan kec. Kertosono di ujung paling timur (berbatasan dengan Jombang dan Kediri) kurang lebih 36 Km (52.759 hingga 52.795 ukuran Spido meter) Total PP sekitar 72 Km.
  2. Waktu tempuh pukul 10.40 hingga 11.30 atau 50 menit. Dengan menggunakan motor  Supra X 125cc, akurasi kecepatan motorku adalah 0,72 Km/menit.
  3. Jarak Kertosono dengan Pare (Kampung Inggris) patokan BEC adalah 26 Km (52.810 hingga 52.836) Total PP adalah 52 Km.
  4. Di hari yang sama dengan motor yang sama pula, waktu tempuh no.03 adalah 41 menit (pukul 17.25 hingga 16.10 (dipotong ngetem di Pom bensin sekitar 4 menit) Akurasi  kecepatan adalah 0.63 Km/menit.
Sebuah perjalanan yang memberiku banyak pelajaran. Butuh kesiapan dan persiapan.
Hobiku melakukan perjalanan lintas Jawa hingga menembus Sumatra membuktikan akan hal ini.  Kesiapan dan Persiapan apa?
Simak selengkapnya di Long Journey 2.

Jatinegara, 16 Februari 2016



0 ulasan:

Catat Ulasan

Popular Posts